Cara Mengetahui Madu Hutan Asli dan Palsu Secara Akurat



Madu ialah salah satu bahan makanan berbentuk cairan kental yang memiliki rasa manis dan legit. Madu biasa didapatkan dari lebah madu yang diternak untuk dimanfaatkan madunya. Madu lebah sendiri sebenarnya adalah nektar dari bunga-bunga yang dibawa oleh lebah madu ke sarang mereka. Di sarang tersebut madu diolah lagi untuk dijadikan makanan bagi lebah dan larva dari lebah tersebut.
Belakangan ini madu semakin banyak beredar di pasaran dengan berbagai merk yang berbeda. Banyak produsen madu yang menjual madunya dengan merk dagang resmi dengan ijin-ijin yang resmi pula. Namun tidak sedikit yang menjual madu produksi mereka tanpa merk dagang resmi dan ijin-ijin yang resmi. Madu tanpa merk dagang resmi rawan sekali untuk dipalsukan namun tidak sedikit pula para produsen jujur yang menjual madu mereka tanpa merk dagang resmi. Biasanya para pengusaha kecil yang memproduksi madu seperti ini. Untuk membedakan madu asli dan palsu memang cukup sulit dan tidak semua orang tahu caranya. Oleh karena itu anda bisa melihat langkah-langkah di bawah ini agar tidak tertipu saat hendak membeli madu asli.

Ciri-Ciri Madu Asli:
Tidak Mudah Beku
Madu yang asli saat berada di dalam suhu yang dingin tidak akan membeku. Tidak hanya di dalam kulkas melainkan juga di dalam freezer, madu tidak akan membeku. Sedang madu palsu yang sudah dicampur dengan air dan gula akan mudah membeku karena tingginya kandungan air di dalam madu tersebut.

Madu Murni Bisa Mematangkan Kuning Telur
Madu murni yang asli bisa digunakan untuk mematangkan kuning telur. Kuning telur yang dicampur dengan madu akan menggumpal dan menjadi lebih padat seperti direbus dengan menggunakan air.

Tidak Tercampur dengan Air
Madu yang asli tidak akan tercampur di dalam air. Madu akan tetap mengendap di bagian bawah gelas meskipun madu dicampur dengan menggunakan air panas. 2 zat ini tidak akan tercampur kecuali telah diaduk. Saat diaduk pun madu asli menghasilkan campuran yang lebih jernih daripada madu campuran.

Tidak Disukai Semut Merah
Madu asli karena tidak mendapatkan campuran dari air dan gula maka tidak disukai oleh semut merah. Untuk mengetahui keaslian dari semut merah cukup mudah, teteskanlah madu murni ke area yang biasa dilewati semut merah, jika semut merah tidak menghampiri berarti madu tersebut asli. Dan jika madu tersebut dihampiri oleh semut hitam berarti madu tersebut asli karena semut hitam menyukai madu murni tanpa campuran gula.

Berbusa Saat Dipanaskan
Semua madu sebenarnya akan berbusa saat dipanaskan, namun untuk madu asli akan memiliki busa yang jauh lebih banyak dari madu campuran.

Tidak Menembus Kertas
Madu murni yang tidak dicampur dengan air tidak akan menembus kertas saat diteteskan di atas kertas. Namun jika sudah dicampur dengan air maka madu akan merembes di permukaan kertas.

Madu Asli Tidak Mudah Kering
Madu meskipun termasuk benda cair namun memiliki sifat yang berbeda jauh dari air. Madu murni tidak mudah mengering saat diletakkan di tempat terbuka. Untuk menguji keaslian dari madu maka anda bisa meneteskan madu ke atas meja dan lihatlah setelah 1 jam apakah madu tersebut mengering atau tidak. Madu yang tidak mengering berarti madu asli, sedangkan madu yang mengering berarti madu yang telah dicampur dengan air.

Demikianlah informasi mengenai cara mengetahui madu asli atau palsu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Madu Hutan Asli dan Palsu Secara Akurat"

Posting Komentar